Senin, 23 Maret 2009

कोन्तोह र्प्प बी Indonesia

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/semester : II/1

Waktu : 2X35 MENIT

A. standar kompetensi

Mampu menguangkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui kekmampuan bertanya/menyapa, menceritakan kegiatan sehari-hari, melakukan percakapan, menceritakan pengalaman, melaporkan dan mendiskripsikan sesuatu serta mendeklamasikan pantun, menceritakan kembali cerita dan bermain peran.

B. Kompetensi Dasar

Menceritakan pengalaman Pribadi

C. Indikator

Menceritakan pengalaman pribadi merayakan ulang tahun

D. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menceritakan isi teks bacaan yang berjudul “Pesta Ulang Tahun”

2. Peserta didik dapat menceritakan kembali pengalaman pribadinya berdasarkan teks bacaan yang disediakan.

E. Materi Pembelajaran

Menceritakan Pengalaman Pribadi

F. Kegiatan Pembelajaran

1. kegiatan awal

a. Apersepsi, diupayakan peserta didik belajar dalam situasi menyenangkan. Salah satunya dengan menyanyikan lagu “Ulang Tahun” secara bersama-sama. Peserta didik ditanya apakah diantara mereka apakah ada di antara mereka yang pernah merayakan ulang tahun. Selanjutnya, tanya jawab tentang isi lagu.

b. Motivasi, Sudah termasuk dalam kegiatan apersepsi. Bila mungkin ditambah dengan menjelaskan manfaat, kalau anak-anak (pandai bercerita)

2. Kegiatan Inti

a. Dua atau tiga anak memerankan cara mengucapkan selamat kepada yang berulang tahun dengan mimik yang ceria.

b. Guru mengajukan pertanyaan tentang pengalaman yang dialami peserta didik, misalnya ;

Kapan peristiwa ulang tahun itu terjadi ?

Di mana pesta ulang tahun itu dirayakan ?

Bagaimana Urutan terejadinya ?

c. Setelah anak menjawab pertanyaan, suruhlah anak memperhatikan cerita pendek tentang peristiwa yang berkesan yaitu “Pesta Ulang Tahun” yang ditulis (pada Contoh di depan).

d. Selanjutnya, peserta didik disuruh mengingat-ingat pengalaman dirinya, lalu secara berpasangan saling menceritakan pengalaman pribadinya degan teman pasangannnya. Pada saat kegiatan mereka berlangsung, guru perlu mengamati setiap pasangan untuk memperhatikan jalannnya tukar pengalaman. Ajukan pertanyaan, jika peserta menemui kesulitan bercerita tentang pengalamannnya.

e. Setelah saling tukar pengalaman, peserta didik diminta menuliskan pengalamannnya dengan bahasanya sendiri.

3. Kegiatan akhir

a. Refleksi, anak diajak merenung, menilai dan menaggapi kegiatan pembelajaran yang baru berlangsung.

b. Penegasan dilakukan dengan cara guru memberikan penjelasan kepada peserta didik cara mengungkapkan pengalaman pribadi dengan memperhatikan ;

(1) Peristiwa yang dialami dan sangat berkesan

(2) Waktu kejadian

(3) Urutan kejadian

G. Sumber dan media

1. Sumber : cerita pengalaman karya guru

2. Materi : teks Yang memuat pengalaman

H. Penilaian

1. Penilaian proses

Pada saaat kegiatan berlangsung hendaknya guru menilai

2. Penilaian Hasil

Ceritakanlah pengalaman yang berkesan tentang perjalanan dari rumah ke sekolah atau pengalaman lainnya dengan memperhatikan :

a. Apa pengalaman yang berkesan ?

b. Kapan waktu kejadiannya ?

c. Bagaimana urutan kejadiannya ?

Lembar Pengamatan

Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas II

No

Nama siswa

Kriteria

Catatan

Keruntutan kaliamat

Ketepatan Penggunaan kata

Kelengkapan isi cerita






Diisi tentang hal-hal yang harus diperbaiki anak.

Keterangan:

A baik sekali

B baik

C cukup

D kurang

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar